Tips Liburan Untuk Ibu Hamil

Liburan memang kegiatan yang sangat mengasyikan dan menghilangkan rasa penat yang dilakukan sehari-hari. Apalagi untuk ibu hamil yang tentunya sering merasa bosan di rumah dan mengidamkan untuk liburan. Hamil jangan di jadikan sebagai alasan yang hanya untuk marah-marah dan mendekam saja di rumah, sebaiknya keluar rumah menghirup udara segar dan mencari suasana yang baru.

Liburan saat sedang hamil memang sangat penting karena bisa membuat tubuh dan pikiran jauh lebih fresh. Tapi harus hati-hati dengan kandungan yang ada di dalam perut jangan sampai ada hal yang tidak di inginkan. Ketika sedang berlibur si Ibu harus benar-benar dengan keadaan yang sehat dan tidak boleh sampai kecapekan atau terlalu banyak aktifitas.

Beberapa Tips Liburan Untuk Ibu Hamil Yang Harus Diperhatikan

Hamil bukan suatu alasan untuk berdiam diri. Jika si Ibu seorang traveler juga harus mengurangi kunjungan ke tempat wisata yang jauh atau yang menghabiskan banyak waktu. Ketika ingin liburan harus mengetahui beberapa tips agar nyaman ketika sedang berliburan. Ini ada beberapa tips liburan untuk ibu hamil yang boleh dicoba :

Liburan Untuk Ibu Hamil|MainMania.com

 

1.Ketahui waktu untuk berlibur

Mual, pusing, dan rasa tidak nyaman seringkali dialami wanita terutama pada masa awal-awal kehamilan. Maka, waktu paling baik untuk berlibur adalah trimester kedua yakni antara bulan ke-4 dan ke-6. Dokter kandungan ternama asal California, Dr Aron Schuftan, merekomendasikan ibu hamil untuk liburan di usia kehamilan 20-30 minggu. Waktu-waktu yang harus dihindari, selain trimester pertama dan beberapa waktu sebelum melahirkan, adalah minggu ke 36-38.

2.Tempat wisata yang dekat

Jika sedang hamil diusahakan untuk mengunjungi tempat wisata yang terdekat saja. Tak mesti naik pesawat, Anda bisa melakukan perjalanan naik mobil ke kota terdekat dan menikmati suasana yang baru. Kalau berencana menginap di vila gunung, ingat ibu hamil tidak dianjurkan untuk tidur di ketinggian lebih dari 3.600 mdpl.

3.Bawa catatan berkas kehamilan

Sangat penting sekali bagi Anda untuk selalu membawa buku catatan berkas kehamilan dari dokter. Sebelum Anda pergi, sebaiknya cari info tentang rumah sakit dan fasilitas medis di tempat tujuan. Kalaupun Anda harus mendapat perawatan medis di tempat tujuan, bawalah semua berkas dan catatan medis kembali ke rumah. Anda akan butuh catatan itu saat kembali kontrol ke dokter langganan, supaya bisa mengetahui bagaimana perkembangan kondisi kehamilan.

4.Bawa minum dan camilan yang sehat

Ibu hamil harus selalu minum banyak air putih, untuk menjaga tubuh agar tidak dehidrasi. Minumlah banyak air mineral, terutama kalau Anda traveling naik pesawat. American Pregnancy Association menjelaskan, ibu hamil harus minum air putih setidaknya 8-12 gelas tiap hari. Untuk menjaga agar kadar gula dalam tubuh tidak drop, makanlah camilan sehat. Anda bisa membawa buah-buahan, baik yang segar maupun yang kering seperti kismis, untuk camilan sehat selama perjalanan. Air mineral juga sangat penting untuk menyiapkan ASI untuk si buah hati.

5.Perbanyak Peregangan

Peregangan adalah hal yang wajib dilakukan ibu hamil. Selama berlibur, mungkin Anda tak punya cukup waktu untuk peregangan. Tapi, bukan berarti Anda harus melakukan yoga saat perjalanan. Kalau liburan naik mobil, berhentilah beberapa kali. Berjalanlah ke kamar mandi, atau menghirup udara segar. Ibu hamil perlu gerak untuk melancarkan peredaran darah. Oleh karena itu, selama liburan, sebaiknya Anda memakai pakaian yang longgar dan nyaman jangan sampai membuat Anda merasa tidak nyaman ketika dalam perjalanan.

Liburan untuk ibu hamil memang harus sangat diperhatikan dan jangan sampai terjadi hal yang tidak di inginkan. Selalu jaga kenyamanan ketika sedang berlibur supaya dalam keadaan yang menyenangkan. Itulah beberapa tips liburan untuk ibu hamil yang wajib untuk Anda praktekan.

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *