Pesona Pantai Baron Jogja

Wisata pantai jogja selalu menarik untuk dibahas, kali ini aku akan membagikan pengalaman main di pantai baron jogja. Pantai Baron merupakan salah satu wisata yang dapat di kunjungi yang pertama kali sebelum melihat pantai yang lainnya seperti pantai sepanjang, pantai krakal, pantai kukup, pantai drini, pantai siung, pantai sundak, pantai indrayanti dan pantai ngobaran.

Sebelum memberitahukan keindahan pantai baron aku akan membicarakan perjalan yang mengasyikan menuju pantai baron bersama temen-temenku. Kami selalu ngumpul dulu di rumah temen buat rencana untuk apa yang dilakukan disana sambil gokil-gokilan apa lagi klu ada yg belum datang pasti langsung di jemput, kita mah gitu orangnya hehe. Kami adalah bikers sejati (alasan belum punya mobil), kami selalu menyiapkan segalanya termasuk safety riding. Bagi kami safety riding itu penting banget baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Pantai Baron|MainMania.com

 

Rute Menuju Pantai Baron Jogja

Jika berangkat dari Jogja bagian selatan kita bisa melewati jalan Wonosari atau arah ke Kids Fun lurus ke timur sampai pertigaan Piyungan kalau dari arah utara bisa melewati jalan prambanan-piyungan lurus aja sampai menemukan pertigaan lampu merah Piyungan. setelah itu menuju ke arah timur kemudian kita akan menjumpai jalanan yang naik dan berkelok-kelok.setelah itu akan menjumpai pertigaan Gading atau dikenal pertigaan Lapangan AAU Gading. Untuk jalur kota Wonosari, kita harus mengambil arah lurus menuju ke Bunderan Siyon.Kita bisa melewati pusat kota dengan berjalan lurus, setelah itu menuju ke arah jalur Tanjungsari. Selama di perjalanan akan di suguhkan pemandangan yang sangat mempesona dan bisa melihat daerah jogja dari atas yang harus tetap dilestarikan. Kami jadi tidak sabar untuk segera sampai di pantai baron jogja.

 

Lokasi Pantai Baron Jogja

Untuk teman-teman yang belum tau dimana itu pantai baron jangan khawatir.Pantai Baron berlokasi di Desa Kemadang, kecamatan tanjung sari,kabupaten gunung kidul, yogyakarta. Untuk sampai ke pantai baron harus menempuh jarak kurang lebih 65 km dari kota jogja.
Koordinat GPS : S8°7’54” E110°32’52” / -8.128017, 110.547559

pantai baron jogja

Tiket Masuk Pantai Baron

Bagian ini biasanya yg pada curious, berapa sih tiket masuk pantai baron. Jangan khawatir bro pantai baron merupakan pantai yang indah tapi tiket masuknya murah kok, hehe.tiket masuk pantai baron dikenakan biaya Rp 5.000. Biaya parkir di kawasan baron dikenakan biaya dengan Rp 2500/mobil dan Rp 1000/motor jadi jangan khawatir lagi untuk datang ke pantai baron.

sungai pantai baron

Keistimewaaan Pantai Baron Jogja

Sesampainya di pantai baron kamipun langsung bergegas meninggalkan parkiran, tentu saja dengan mengamankan barang berharga kami. Di pantai baron anda dapat berenang sepuasnya asalkan tidak melewati tanda batas yang telah ditentukan karena pantai baron ini memiliki ombak yang cukup besar dan berbahaya. Setelah bermain-main di air laut yang asin tibalah untuk membersihkan dari air laut yang asin dengan bermain ke muara sungai bawah tanah. Air tersebut tawar dan cukup segar karena masih terhindar dari pencemaran yang dilakukan oleh diri kita sendiri,nyampah sembarangan itu gak seru bro jagalah alam kita ini yang masih perlu kita untuk melestarikannya, cielah.

Pantai baron Gunung kidul merupakan salah satu pantai yang diapit oleh dua bukit. Kita juga bisa menaiki bukit-bukit tersebut tapi dengan hati-hati. Bukit ini juga sering digunakan untuk tempat perkemahan untuk menikmati suasana pantai baron di malam hari dan berpetualang. Dari atas bukit kita dapat merasakan terpaan angin yang sepoi-sepoi sambil menyaksikan pemandangan pantai baron dan perahu-perahu yang tertata rapi di bibir pantai. Di pantai ini juga terdapat para nelayan yang sering melaut ke pantai baron untuk mencari nafkah.sehingga,di kawasan pantai baron tersedia Tempat Pelelangan Ikan (TPI) ini digunakan untuk para nelayan menjual ikan hasil tangkapannya.

wisata pantai baron jogja

Kuliner Pantai Baron

Habis bermain air di pantai akan merasa lelah dan lapar.Untuk itu di sekitar pantai baron tersedia berbagai kuliner yang sangat menggoda mulut untuk mencicipinya apalagi habis tangkapan dari laut. menu Kuliner yang terkenal di pantai baron ialah sop kakap dan adapun yang lain yaitu udang, lobster, ikan tongkol, ikan bawal. Menyantap hidangan sop kakap ditemani es kelapa muda, duh nikmatnya. Menyantap hidangan dengan desir angin pantai dan ombak menambah nikmat makan. Harganya juga menghemat dompet. Jika anda ingin membawa pulang ikan bisa membeli di tempat TPI di kawasan tersebut dan membawa pulang karena ikan-ikan disana masih terasa segar dan nikmat.

Fasilitas Pantai Baron

Pantai Baron termasuk pantai yang terbilang memiliki fasilitas yang lengkap yang dapat menunjang wisata. Fasilitas ibadah, tempat parkir yang luas, kamar mandi, restoran yang tentunya banyak menawarkan menu olahan laut, hotel/penginapan disini pun juga ada dengan harga terjangkau, area untuk memancing dan camping ground yang berada di daerah sekitar pantai cocok bagi pecinta camping untuk mengunjungi di pantai baron dan menikmatinya.

Masih di rumah aja bro?? mumpung yang masih muda ajak temen-temenmu buat liburan ke pantai baron jogja biar gak bosan di rumah. Alam ini indah bro jangan kamu sia-siakan. Jelajahilah mumpung kamu bisa sebelum kamu udah gak bisa jangan lupa jaga alam ini supaya tetep indah dan lestari, semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *