Pantai Parangtritis Dengan Sejuta Misterinya

Temen-temen MainMania.com apa kabar?? hari ini saya mau membahas tentang  Pantai Parangtritis yang katanya sih banyak misterinya. Nah, Pantai  Parangtritis merupakan salah satu tempat wisata yang sangat menarik untuk
melihat langit senja (Sunset). Bagi pecinta sunset ini nih  tempat wisata pantai yang cocok buat kalian untuk  menikmati atau memotret keindahan pantai buat kenang-kenangan kalau udah  pernah ke pantai parangtritis, heheh.Pantai ini juga ada sebutan yang lain yaitu pantai paris yang sudah fenomenal di daerah jogja.

pantai parangtritis

 

Rute Perjalanan Menuju Pantai Parangtritis

Tempat wisata pantai paris merupakan salah satu pantai yang  lumayan dekat dengan pusat kota jogja. Jika ingin menggunakan rute dekat  bisa memilih jalur kraton jogja terus lurus ke selatan melewati desa  kretek langsung menuju ke pantai paris. Namun, Jika ingin  menikmati pemandangan pegunungan yang sangat menggoda mata kita bisa  melewati jalan Imogiri terus melewati desa siluk langsung menuju ke pantai paris. Jadi greget ingin segera sampai ke pantai yang menarik untuk dinikmati.

Lokasi Pantai Parangtritis

Untuk temen-temen MainMania.com yang masih bingung atau bertanya-tanya  tentang dimana sih lokasi pantai paris itu. Lokasi pantai paris itu terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek,  Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jika ingin datang ke pantai ini  harus menempuh jarak sekitar 26 km dari kota jogja. Jika masih kebingungan mencari lokasinya kita bisa menggunakan koordinat GPS.

Koordinat GPS :S8°1’29.7″ E110°19’57.2″/ -8.02491666666667, 110.332555555556

Pantai Parangtritis jogja

Tiket Masuk Pantai Parangtritis

Bagi kalian yang mau liburan masih takut dengan harga tiketnya dan bertanya-tanya harga tiket masuk pantai paris itu berapa sih??.  Jangan khawatir, parangtritis merupakan pantai dengan harga yang murah dan terjangkau. Tiket masuk kawasan Parangtritis jogja hanya Rp 3.000/orang. Retribusi untuk mobil Rp 2.000 dan motor Rp 1.000 dengan harga segitu kok masih ragu-ragu mengunjungi Parangtritis.

Keindahan Pantai Parangtritis

Setelah perjalanan yang cukup melelahkan tiba saatnya untuk menikmati suasana pantai paris jogja. Parangtritis mempunyai pasir besi hitam yang sangat melimpah dan sudah diakui oleh seluruh dunia. Di pantai paris ini terkenal dengan ombaknya yang sangat besar dan berbahaya, jadi kalau mandi di pantai ini harus dengan hati-hati dan dengan pengawasan orang tua. Kalau gak mau berenang anda juga bisa bermain pasir atau main bola di pinggir pantai itu juga mengasikan bro. Selain itu kalian juga bisa main atv yang sudah disediakan di pantai ini, jarang banget pantai ada atv buat muter-muter pantai sambil menikmati pesona alam dan paralayang yang sering diadakan di pantai paris. Disini pun juga ada khas dari jogja banget yaitu andong,kalian bisa naik andong buat seru-seruan di pantai sambil foto-foto selfie biar gak setres, haha.

Setelah asik-asikan main di pantai kalian juga bisa menaiki bukit kecil yang berada di sebelah timur pantai. Bukit ini menyuguhkan pemandangan pantai yang bisa dibilang wow dari atas bukit sambil menikmati terpaan angin pantai yang segar. Apalagi kalau sudah menjelang senja hari lebih wow banget bro, disini kalian bisa menikmati apa yang dinamakan surganya senja di parangtritis. Menikmati sunset masih sendiri bro ajakin pasangan kalian buat having fun di pantai ini biar bisa disebut sunset romantis di pantai parangtritis.

Di parangtritis ada yang baru lho. Jadi pada kepo kan?? Di parangtritis sekarang sebelah timur tebing ini tersembunyi sebuah reruntuhan candi. Candi ini dinamakan dengan candi Gembirawati jaraknya hanya beberapa ratus meter dari pinggir pantai. Jika ingin kesana anda bisa melewati jalan yang menanjak dekat Hotel Queen of the South setelah itu melewati jalan setapak ke arah barat sekitar 200 meter. Ingat nyampah sembarangan tuh gak seru bro, Kalau habis berwisata kalau buang sampah di tempat sampah jangan buang sampah sembarangan supaya tempat wisata di indonesia ini jadi tambah lestari dan tetap indah untuk dikunjungi.

Kuliner Pantai Parangtritis

Nah ini nih yang bikin ketagihan saat liburan ke tempat wisata. Di pantai ini tersedia  tempat-tempat makan yang berada di sekitar pantai paris jogja jadi jangan khawatir jika tidak menyiapkan makanan dari rumah kalian juga bisa membeli di tempat makan tersebut, harganya juga gak mahal-mahal kok tapi tetap isi dompet gak terkuras habis.

sunset pantai parangtritis

Fasilitas Pantai Parangtritis

Sebuah tempat wisata tentu akan tersedia fasilitas yang memadai supaya para wisatawan nyaman untuk berwisata di pantai jogja ini. Apalagi Pantai ini juga sudah dikelola dengan baik oleh pemkab bantul jadi fasilitasnya sangat lengkap. Fasillitas tempat ibadah, lahan parkir yang luas, kamar mandi, toko souvenir, andong, ATV (All Terrain Vechile, Paralayang, hotel atau penginapan yang terletak di atas bukit yang dapat memberikan pemandangan pantai yang indah.

Sejarah pantai Parangtritis

Parangtritis merupakan pantai yang banyak mengundang para wisatawan datang karena banyak mengandung sejarah terjadinya pantai parangtritis. Tentunya akan banyak orang bertanya-tanya tentang terjadinya pantai ini. Nah, menurut cerita orang dulu ada seorang laki-laki yang melarikan diri dari dari kerajaan majapahit yang bernama Dipokusumo yang di tempat itu sedang bersemedi. Ketika akan bersemedi dia melihat ada tetesan air dari celah-celah batu karang (parang) dan air tersebut dinamakan dengan (tumatitis). Jadi pantai tersebut dinamakan dengan pantai parangtritis yang artinya air yang menetes dari batu.

Pantai Paris juga diyakini oleh beberapa kalangan orang bahwa pantai ini merupakan sebuah perwujudan dari kesatuan Gunung Merapi, Kraton Jogja dan Pantai Parangtritis yang biasanya disebut dengan kesatuan trimurti. Ada juga, bahwa pantai paris jogja ini merupakan kekuasaan Ratu selatan yang sangat terkenal dengan nama Nyai Roro Kidul. Namun dari kalangan orang bilang bahwa Nyai Roro Kidul ini menyukai warna hijau sehingga ada beberapa orang menyarankan untuk tidak memakai kaos atau baju berwarna hijau di pantai, katanya sih bisa keseret atau tertarik ke laut untuk bergabung bersama prajurit Nyai Roro Kidul. Sebelum berwisata kemana saja hendaknya berhati-hati supaya tidak terjadi yang tidak berkenan. Selalu mematuhi peraturan yang ada supaya bisa selamat sampai rumah karena keluarga sedang menunggu di rumah. Namun dari cerita yang bisa terseret ke laut itu pun ada beberapa penjelasan ilmiah menyatakan bahwa orang yang terseret ke laut tersebut karena adanya arus balik gelombang air pantai yang datang dan membentur pantai dan kembali lagi ke laut dengan kecepatan yang tinggi atau bisa dinamakan dengan pertemuan dua arus gelombang atau lebih (Rip Current).

Dari semua itu kita bisa mendapatkan pengetahuan tentang apa yang terjadi di pantai paris jogja. Wisata di indonesia itu banyak lho bro masak hari gini masih aja didepan tv ngliat orang yang lagi hiburan. Tempat wisata di indonesia udah menunggumu mari kita ramaikan tempat wisata yang berada di indonesia ini sala satunya di pantai parangtritis. Kita liburan bareng mumpung mau liburan panjang ini bro, Jangan lupa jaga alam kita dengan sebaik-baiknya jangan sampe rusak. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *