Pantai Ngobaran Gunung Kidul, Ber-Pura Mirip Bali

Salah satu wisata pantai jogja yang wajib dikunjungi adalah pantai ngobaran gunung kidul. Letaknya tidak terlalu jauh dari area pantai lain seperti pantai baron, kukup maupun sundak sehingga kalau kamu pengen merasakan nuansa yang agak berbeda dari pantai di gunung kidul kamu bisa singgah di ngobaran. Pantai yang terdekat dari ngobaran adalah pantai ngrenehan, jadi kalau sudah sampai di ngenehan kamu bisa melanjutkan perjalananmu ke ngobaran. Waktunya sekitar 20 menitan jika dari pantai ngrenehan.

pemandangan pantai ngobaran

Lansung saja kami ceritakan perjalanan kami menuju pantai ngobaran gunung kidul. Kami berangkat berlima dengan motor tiga, kebetulan belum punya mobil :D. Perjalanan kami mulai dari jam 10 pagi waktu Indonesia setempat dan kumpul disalah satu rumah teman kami yang letaknya berada di jalan prambanan-piyungan. Kami selalu menjadikan rumah temanku ini sebagai basecamp tempat ngumpul saat pergi ke wisata pantai gunung kidul. Letak rumahnya memang berada dipinggir jalan jadi enak banget buat koordinasi dan letaknya juga paling dekat dibandingkan rumah temenku yang lain.

pantai ngobaran gunung kidul

Rute Menuju Pantai Ngobaran Gunung Kidul

Kami mulai perjalanan kami dari Piyungan dengan semangat yang membara, hahaha. Kita pacu motor kami dengan santai karena kita lebih menjaga perjalanan kami agar tetap menyenangkan dan tentu saja safety riding. Tak terasa dari Piyungan kami sudah sampai ke kota Wonosari. Nah bagi yang dari luar Jogja, kalian bisa beli oleh-oleh di kawasan ini sepulang dari Ngobaran. Berhubung kami warga pribumi maka beli oleh-olehnya kami skip dulu hehehe karena fokusnya mau ke pantai ngobaran. Setelah kami melewati Wonosari, patokan selanjutnya adalah Paliyan kemudian melalui daerah Trowono dan beberapa km lagi sudah sampai ke pantai ngobaran gunung kidul. Alternatif rute lain adalah melewati Piyungan – Landasan udara Gading – Di pertigaan Gading belok ke kanan – lanjut melewati Playen – kemudian sampai ke Paliyan – lanjut ke Trawono dan daerah Saptosari baru sampai Ngobaran. Bagi yang ingin mengunjungi tempat wisata selain pantai ngobaran kami sarankan untuk menggunakan rute alternatif diatas. Kenapa ? di Playen dan sekitarnya itu banyak tempat wisata yang juga patut untuk dikunjungi, contohnya Gua Pindul atau Sriti.

pura pantai ngobaran gunung kidul

Lokasi Pantai Ngobaran Gunung Kidul

Bagi yang belum pernah ke pantai ngobaran dan belum tau alamatnya dimana tenang saja, saya kasih tau kok. Pantai ngobaran ini terletak di desa Kanigoro, kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pokoknya dekat banget dengan pantai ngrenehan. Saya juga mau share lokasi berdasarkan koordinat GPS bagi kamu yang malu tanya sama orang-orang deket sini. Ini mungkin berguna bagi kamu yang suka menggunakan GPS jika berkunjung ke daerah yang belum pernah dikunjungi.

Yosh, ini dia koodinat GPS yang bisa kamu catat: S8°7’9″ E110°30’16” atau -8.11961111111111, 110.505666666667

Nah itu aku ambil dari aplikasi yang berbeda jadi formatnya berbeda. Dulu pernah belajar format longitude dan latitude seperti itu tapi berhubung lupa apa nama format penulisan koordinatnya maka silahkan di coba ya sesuai dengan permintaain aplikasinya mau pakai format yang mana.

Tiket Masuk Pantai Ngobaran Gunung Kidul

Nah ini nih bagian penting yang biasanya dikepoin para pelancong yang belum pernah ke pantai ngobaran. Kira-kira berapa ya tiket masuk ke pantai Ngobaran? tenang bro tiketnya murah kok, semurah beli cendol di Kalasan hehehe. Tiket masuk ke pantai ngobaran ini cuma Rp. 3k alias 3 ribu per kepala. Itupun sudah termasuk tiket masuk ke pantai ngrenehan, tuh kan murah banget jadi bawa duit 10 ribu aja udah bisa ngajak pasangan dan bayar parkir :p, itu pun masih sisa hahaha.

Apa Nih yang Spesial di Pantai Ngobaran ?
Oiya sampai lupa dari tadi cuma berbicara masalah teknis dan lokasi. Yuk kita bahas mengapa kamu harus ke pantai ngobaran, apa sih yang spesialnya dari pantai ngobaran ?

Ketika aku dan rombongan kawanku sudah sampai di pantai tersebut, kesan pertama kami adalah wow.. nuansanya seperti sudah di Bali sob. Ada bebeberapa bangunan yang kalau kamu selfie disana seakan kamu sedang berlibur di Bali, ya meskipun kalau orang sudah pernah ke pantai ngobaran akan mengetahui hal itu. Pantai Ngobaran Gunung Kidul terkenal dengan berdirinya pura dan beberapa tempat ibadah yang lain. Jika melihat pura dan gapura ini saya selalu membayangkan sedang ada di Bali.

Terdapatnya beberapa tempat ibadah di ngobaran juga menggambarkan bahwa ditempat itu toleransi agamanya cukup baik. Anda bisa menemukan tempat-tempat ibadah untuk kaum Muslim, hindu dan yang lainnya. Ok lanjut membahas mengenai apa yang spesial di pantai ngobaran. Kamu akan menemui beberapa warga setempat yang sedang mencari landak laut. Kuliner landak goreng di pantai ngobaran inilah yang menjadi wisata kuliner yang khas disini. Berhubung saya agak gimana dengan makanan seperti itu maka saya belum bisa memberikan testimoni tapi dari beberapa temen yang sudah mengkonsumsinya, mereka bilang rasanya kenyal dan enak. Mungkin anda yang suka dengan makanan ekstrem seperti itu bisa mencobanya sendiri, tapi jangan nyuruh aku untuk mencobanya, ehehehe.

Wisata Kuliner di Pantai Ngobaran
Selain landak gorang, anda juga bisa memcicipi jenis kuliner lain yang terdapat di pantai ngobaran gunung kidul. Anda bisa mencicipi rumput laut dan beberapa jenis karangan yang merupakan sumber daya alami yang bisa diperoleh dari sela-sela karang. Kalau kamu ingin membeli karangan laut untuk membuat agar-agar, kamu bisa membelinya dengan harga yang cukup murah yaitu sekitar Rp 1.500 hingga 2 ribu rupiah.

Selanjutnya bila anda berkunjung pada sore hari maka anda akn melihat aktivitas nelayan yang sedang mencari biota laut seperti landak laut, bintang laut, lobster dan kerang. Biota laut tersebut banyak ditemukan di cekungan-cekungan yang berada di sela-sela batu karang.

Oiya kalau kamu ke pantai ngobaran saja kamu nggak perlu bawa ganti baju, ya namanya pantai berkarang jadi kamu disana nikmati pemandangannya saja. Kalau mau main air laut bisa-bisa saja tapi tentu saja tidak bisa mandi disana.

Fasilitas di Pantai Ngobaran
Fasilitas yang ada di pantai ngobaran tidak jauh berbeda dengan beberapa pantai lain di kawasan gunung kidul. Fasilitas ibadah tentu saja ada, warung makan, tempat parkir dan kamar mandi. Untuk penginapan entah kenapa aku tidak sempat mengamatinya, entah itu ada atau tidak. Oiya kalau disana diusahakan bawa powerbank ya karena kalau mau nyari colokan listrik juga agak susah karena kebanyakan listrik disuplai dari solar cell.

sejarah pantai ngobaran

Sejarah Pantai Ngobaran

Bagian ini sebagai tambahan informasi saja mengenai seluk beluk Pantai Ngobaran Gunung Kidul. Kamu tau kenapa pantai ini dinamakan ngobaran ? semua berawal dari kisah Prabu Brawijaya yang bunuh diri dengan cara membakar diri. Prabu Brawijaya adalah keturunan terakhir dari kerajaan Majapahit. Jadi gini menurut cerita yang ada di masyarakat sekitar, dulu Prabu Brawijaya V lari dari istana bersama dengan istri-istrinya. Menurut cerita tersebut istri Prabu Brawijaya V ada 2 yaitu Bondang Surati dan Dewi Lowati. Mereka meninggalkan istana karena tidak mau di-islamkan oleh puteranya yaitu Raden Patah. Saat itu Raden Patah menjadi Raja Demak 1.

Pelarian Prabu Brawijaya sampai ke pantai ngobaran, dan menemui jalan buntu. Saat terdesak itu Prabu Brawijaya akhirnya memutuskan untuk membakar diri dengan terlebih dahulu menanyakan kesetiaan dari kedua istrinya. Singkat cerita istri kedualah yang dianggap oleh Prabu Brawijaya lebih setia dan akhirnya diajak nyebur di kobaran api sehingga terbakarlah kedua jasad tersebut. Kata Ngobaran sendiri berasal dari cerita tersebut, yaitu dari persitiwa kobaran api dari peristiwa Prabu Brawijaya V bunuh diri. Ngobaran berasal dari kata kobaran / kobong kalau dalam bahasa jawa.

Kebenaran cerita tersebut sebenarnya juga masih menjadi pro dan kontra, terlebih banyak kalangan yang menganggap bahwa paksaan Raden Patah untuk mengislamkan Prabu Brawijaya adalah tidak benar dan ada juga cerita yang menyatakan bahwa yang terbakar dalam kobaran api itu adalah anjing karena bekas tulang yang ada lebih mirip dengan tulang belulang anjing jika dibandingkan dengan tulang manusia.

Jadi selain mendapatkan pemandangan yang indah anda bisa mempelajari banyak hal yang menambah wawasan kamu mengenai seluk-beluk dari Pantai Ngobaran. Wisata budaya ini juga berguna jika kamu dengan ngerjain tugas :p
Bagi yang kurang suka dengan hal mistis atau berbau sejarah namun ingin menikmati indahnya pantai Ngobaran Gunung Kidul, semoga artikel ini bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *