Oleh-Oleh Khas Banyuwangi yang Wajib dicicipi

Oleh-oleh khas Banyuwangi terkenal dengan makanan dan jajanan tradisionalnya. Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang mempunyai banyak sekali potensi wisata. Banyak sekali tempat wisata yang menarik di Banyuwangi. Dari wisata alam, wisata kuliner, wisata sejarah dan masih banyak lainnya. Pasti Anda sudah mendengar tempat Wisata Kawah Ijen yang menyediakan pemandangan api abadi, Taman Nasional Baluran dan masih banyak lainnya.

Setelah menjelajah wisata di sekitaran Banyuwangi, tak lengkap rasanya jika kita tidak menjelajah wisata kuliner di tempat ini. Kalau saya sih suka beli pecel di Banyuwangi, mau pecel pithik (ayam) maupun pecel rawon semuanya pokoknya cocok untuk lidah saya. Yuk mari kita bahas apa saja yang bisa kita dapatkan sebagai santapan lezat atau oleh-oleh untuk keluarga kita dirumah.

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi, Jawa Timur

Pertama-tama mari kita bahas dulu kuliner lezat yang bisa kita santap saat berada di Banyuwangi, baru setelahnya kita bahas oleh-oleh untuk dibawa pulang. Kali saya akan merekomendasikan yang namanya rujak soto dan aneka jenis pecel yang bisa anda konsumsi ditempat.

1. Rujak Soto

rujak soto, makanan khas banyuwangi

Rujak soto Banyuwangi

Selain terkenal dengan berbagai cemilannya, di Banyuwangi juga terdapat banyak sekali kuliner yang menggugah selera. Rujak soto merupakan makanan khas Banyuwangi yang wajib untuk di cicipi. Mungkin anda akan merasa aneh ketika mendengar kata rujak soto. Rujak dan soto merupakan makanan yang berbeda. Tetapi hanya di Banyuwangi, kedua makanan ini dicampur menjadi satu dan menjadi makanan yang sangat enak sekali. Sayur rujak dengan bumbu kacang dicampur dengan kuah babat yang panas. Pertama mencobanya pasti anda akan penasaran dengan rasanya. Tetapi sekali mencoba anda akan langsung ketagihan. Rujak soto ini sangat mudah sekali untuk ditemukan. Di pinggir jalan banyak yang menjualnya.

2. Pecel Pithik

pecel pithik kuliner khas Banyuwangi

Pecel pithik kuliner khas Banyuwangi

Pithik itu adalah sebutan dari ayam dalam Bahasa Indonesia. Banyuwangi sangat terkenal dengan kelezatan pecel ayamnya, jadi kalau sedang liburan di kota itu jangan pernah sekalipun melewatkan momen untuk menyantap pecel ayam. Rasa pecel ayam di Banyuwangi adalah rasa turun-temurun dari suku Using, jadi mungkin tidak akan Anda temui ditempat lain kuliner seperti ini. Pecel pithik disana biasanya dihasilkan dari bahan ayam yang masih muda, yang biasanya baru berumur 8 bulan. Ayam seumuran segitu dipilih karena tekstur daging yang bagus dan tulang yang empuk. Ayam tersebut kemudian dibakar menggunakan tungku kemudian diiris kecil-kecil dalam penyajiannya. Topping pada pecel pithik biasanya menggunakan parutan kelapa muda, sedikit rempah-rempah, air kelapa muda dan kacang sangrai yang membuatnya terlihat sangat lezat. Coba deh Anda mencicipi wisata kuliner Banyuwangi yang satu ini.

3. Kue Bagiak

kue bagiak, oleh-oleh khas Banyuwangi

Kue bagiak, oleh-oleh khas Banyuwangi

Kue bagiak merupakan salah satu oleh-oleh yang cuma ada di Banyuwangi. Kalau datang ke Banyuwangi belum lengkap, jika belum mencicipi dan membeli kue bagiak ini. kue bagiak ini mempunyai rasa yang gurih, manis dan sangat garing ketika di makan. Kue ini mempunyai aroma khas kayu manis, yang memberikan rasa kue ini semakin nikmat. Kue ini sangat nikmat di sajikan untuk cemilan ketika menonton tv atau ngobrol bareng keluarga dan teman. Biasanya kue bakiak ini terdapat empat rasa yaitu rasa jahe, rasa keningar, rasa kacang dan rasa susu. Ketika berkunjung ke Banyuwangi, anda wajib untuk membeli kue bakiak khas Banyuwangi ini.

4. Sale Pisang

sale pisang banyuwangi

Sale pisang Banyuwangi

Mungkin ketika mendengar sale pisang, anda sudah biasa memakannya atau malah pernah melihatnya. Tetapi ada sedikit perbedaan sale pisang khas Banyuwangi dengan sale pisang yang biasanya. Ada dua jenis sale pisang dari Banyuwangi yaitu sale pisang molen dan sale pisang yang di goreng tepung. Sale pisang Banyuwangi mempunyai bentuk yang sangat tipis dengan rasa gurih dan sedikit manis. Oleh-oleh khas Banyuwangi ini sangatlah terkenal sekali. Ketika datang ke toko oleh-oleh, pasti anda akan menemukan sale pisang ini. Jangan lupa untuk mencobanya ketika anda berlibur ke Banyuwangi.

Artikel terkait : Oleh-oleh khas Batam yang bikin Anda terkesan

Ketika berlibur ke Banyuwangi jangan lupa untuk mencoba semua makanan tersebut. Sebenarnya masih banyak sekali makanan khas Banyuwangi. Seperti nasi tempong, batok tawon, sop kesrut dan masih banyak lainnya. Daerah Jawa Timur memang mempunyai keanekaragaman kuliner yang sangat bermacam. Cintailah makanan khas Indonesia, untuk semakin bisa dikenal di kancah internasional. Demikian beberapa kuliner dan oleh-oleh khas Banyuwangi yang popular, semoga menjadi referensi Anda ketika sedang berlibur di Banyuwangi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *